Istilah atau Nama Keturunan di Indonesia

Nama Keturunan merupakan keturunan langsung atau pertalian darah dari garis keturunan langsung. Misalkan hubungan orang tua kandung dengan anaknya atau hubungan anak, ayah, dan kakek. Sedangkan istilah anak dalam silsilah keluarga merupakan garis keturunan pertama sedangkan istilah cucu merupakan anaknya dari anak atau garis keturunan kedua serta cicit merupakan anak dari cucu dan seterusnya. (istilah nama turunan)

Istilah Nama Turunan

Tiap-tiap daerah di Indonesia memang beda dalam penyebutan istilah atau nama keturunan dalam silsilah keluarga, misalkan dalam tradisi jawa terdapat sebutan nama istilah keturunan hingga 18 tingkat ke bawah yakni:

Keturunan ke-1. Anak

Keturunan ke-2. Putu, dalam bahasa Indonesia disebut cucu

Keturunan ke-3. Buyut, dalam bahasa Indonesia disebut cicit

Keturunan ke-4. Canggah

Keturunan ke-5. Wareng

Keturunan ke-6. Udhek-udhek

Keturunan ke-7. Gantung siwur

Keturunan ke-8. Cicip moning

Keturunan ke-9. Petarangan bobrok

Keturunan ke-10. Gropak senthe

Keturunan ke-11. Gropak waton

Keturunan ke-12. Cendheng

Keturunan ke-13. Giyeng

Keturunan ke-14. Cumpleng

Keturunan ke-15. Ampleng

Keturunan ke-16. Menyaman

Keturunan ke-17. Menya-menya

Keturunan ke-18. Trah tumerah

Diatas merupakan istilah dari suku jawa atau dari bahasa jawa. ada juga istilah dari bahasa Indonesia, dengan ini sedikit berbeda. karena acuan awal yaitu ‘Ego’ Merupakan istilah atau nama untuk diri sendiri. dan bisa keatas atau pun ke bawah. dengan istilah berikut : 

Cilawagi

Buyut

Moyang

Nenek/Kakek

Ibu/Bapak

Ego

Anak

Cucu

Cicit/buyut

Piut/canggah

Anggas

Dengan Isitlah atau nama keturunan diatas dapat disimpulkan bahwa Indonesia memiliki banyak sekali nama atau istilah keturunan dan menunjukkan keragaman budaya dan suku di Indonesia. Dan sebenarnya masih banyak lagi istilah atau nama keturunan yang ada di Indonesia. Namun kali ini Saya akan menjelaskan dari dua sisi saja yaitu dari Jawa dan dari Istilah Indonesia. 

Kesimpulan Kali ini, merupakan jangan sampai Kita buta akan budaya Indonesia yang sangat Kaya ini. Apabila masih terdapat sesepuh kita, maka carilah ilmu sebanyak banyaknya dari mereka, karena siapa tahu mereka akan menjelaskan banyak ilmu terutama nama atau istilah keturunan di indonesia.

Atau Anda juga bisa mencoba mencatat dan mempelajari silsilah keluarga Anda menggunakan Aplikasi Silsilah Keluarga

play store aplikasi silsilah keluarga